Featured | Workshop

Serba Serbi Inspirasi Dekor Rumah

Februari 6, 2019
Indonesia Properti Expo

Sebenarnya sudah sebulan ini agak bosen dengan tampilan indekos dan sedang mencari-cari ide untuk merombak kamar agar lebih terlihat estetis. Karena saya sudah cukup lama tinggal di indekos di Jakarta Selatan, saya rasa ini bisa disebut rumah, apalagi pengertian rumah dalam KBBI adalah bangunan untuk tempat tinggal. Kebeneran, Minggu lalu (3/2/2019) saya berkesempatan hadir di Talkshow & Blogger Gathering yang mengusung topik Dekor Rumah Ala Instagram bersama dengan Mba Irma Alaydrus dan Mba Adelya pada Indonesia Properti Expo. Selama perjalanan menuju JCC saya gunakan kesempatan untuk ngepoin kedua akun instagram dari pemateri ini. Amaze banget sama foto-foto cantik yang tersusun rapi di instafeed mereka, tentu ga sabar buat tau tips dan trik langsung. Sampai di lokasi, ternyata kursi sudah penuh loh saking antusiasnya untuk mendengarkan talkshow, bahkan beberapa menit pertama sempat tidak ke bagian kursi. Tapi tak apalah, yang penting ilmu tidak terlewat.

Salah satu yang menarik dari pembahasan ini adalah pemilihan tema rumah. Hmm, benar saja kadang kalo ngeliat kosan kok yaa warnanya kurang eye catching, ternyata memang akan lebih baik jika disusun menyesuaikan dengan tema, tapi bukan berarti ga bisa di kombinasi yaa tema satu dengan yang lain.

Ada 4 tema menarik nih menurut Mba Adelya, yaitu Minimalist, Japanese, Boho, dan Industrial. Selain pemaparan materi dair Mba Adelya, karena penasaran akhirnya saya pun mencari-cari lebih detail tentang masing-masing detail. Yang mana terangkum sebagai berikut.

Minimalist

Skema warna yang lebih dominan pada style ini yaitu putih dan hitam. Unsur-unsur sederhana jelas terlihat, bahkan furnitur pun ada jika fungsional. (sayang sekali saya tidak sempat mengambil gambar saat contoh Minimalist diberikan oleh mba Adelya)

Japanese

Sesuai dengan namanya, estetika style ini dipengaruhi dari Jepang yang mana menghasilkan desain interior yang tenang serta kultural. Selain itu, elemen kayu juga sering digunakan untuk memberikan sentuhan natural untuk rumah dengan tema Japanese (Little, 2014)

Boho

Bohemian atau sering disebut dengan nama boho. Boho style mengkombinasikan objek, warna, dan pattern. Warna Boho style biasanya warm earthy, seperti logam dan tone permata. Cokelat tua, hijau dan abu-abu seringkali menjadi warna dasar dan dilengkapi dengan aksesoris berwarna ungu pekat, oranye menyala, dan tone cyan yang cerah (Flanagan, 2019).

Industrial

Biasanya menggunakan batu bata pada tembok untuk memberikan kesan hangat, lantai beton atau kayu, jendela baja yang besar, dan mebel yang berwarna gelap merupakan ciri khas dari style industrial.

Selain topik menarik tersebut, paparan materi Mba Irma juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Selamat ini tidak begitu focus dengan cahaya dan sudut pengambilan gambar (asal jepret) hhhe. Apalagi, kalau di kosku pencahayaan alami memang kurang, seringan foto menggunakan lampu tambahan. Selain itu, highlight point lainnya adalah tone warna yang senada pada interior. Beliau menyarankan kita untuk tidak memakai terlalu banyak warna. Hmmm, sebelumnya kok ga kepikiran yaa tone warna yang sering diterapkan di interior. biasanya saya suka mencari-cari tone warna di ColorPalletes untuk desain. Sepertinya juga bisa digunakan sebagai referensi untuk memilih tone warna yang sesuai dengan kesukaan kita.

Berbagai pilihan di Indonesia Properti Expo (IPEX)

Yups, seperti nama eventnya, banyak sekali properti disini dengan beragam penawaran. Saya saja pulang-pulang mendapat setumpuk brosur properti. Walaupun saat ini masih berstatus anak kosan, tentu saya mempunyai mimpi untuk memiliki property sendiri. Datang kesini membuat saya mendapatkan beberapa inspirasi rumah idaman dan semakin memotivasi saya untuk menabung demi properti yang diinginkan. Jangan lupa foto di booth Indonesia Propoerti Expo yang ada lampu kerlap kerlipnya di dekat pintu masuk hall B (sayang sekali foto saya blur saat meminta seseorang disana memfoto L). Dan yang paling penting, cepat-cepat ke Indonesia Properti Expo di Jakarta Convention Center Hall A & B karena pameran ini diselenggarakan sejak Sabtu 2, Februari 2019 sampai Minggu, 10 Februari 2019. Ajak semua teman, saudara, kenalan, pacar, mantan #ehh dan siapapun itu untuk hadir karena acara ini gratis. Bahkan, pengunjung berkesempatan mengikuti undian 1 unit Daihatsu Ayla yang akan diundi di akhir pameran. Bagaimana? Tertarik bukan?

Keseruan Blogger Gathering

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: