Featured | Tempat Wisata | Traveling

10 Aktivitas Menarik di Bali Bird Park

Januari 14, 2018
Bali Bird Park

Pernah ke Bali Bird Park? Jika belum, artikel ini tepat sekali untuk kalian baca. Bagi kalian yang tinggal di Bali ataupun yang sering berkunjung ke Bali, kenapa tidak untuk mencoba tempat  yang satu ini. Bahkan tak jarang loo ada promo-promo dengan harga yang pas di kantong. Baru-baru ini ada promo yang tertera di instagram @balibirdparkofficial untuk pemegang identitas KTP Bali Beli 1 Gratis 1 dengan harga Rp 80.000/pak berlaku sampai dengan 31 Januari 2018. Bagaimana, menarik bukan?

Awalnya saya kira akan sangat membosankan mengunjungi tempat ini. Ternyata salah besar. Bahkan tak terasa saya menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam, dan itu juga masih terasa kurang, hmm. Beberapa hari lalu, saya kebetulan mendapatkan 2 tiket gratis, tentu tidak akan menyianyiakan kesempatan ini. Sayangnya pagi sempat mendung, akhirnya menimbang-nimbang untuk pergi kesana, apalagi saya cuma punya satu payung yang benar. Setelah membaca perkiraan cuaca, saya memutuskan berangkat sekitar jam 11.30, sampai sana hampir jam 12.30. Ternyata, fasilitas disini patut diacungi jempol, walaupun waktu itu hujan sudah berhenti, tempat ini menyediakan payung untuk digunakan pengunjung, ukurannya pun cukup lebar.

Masuk ke tempat ini suara berbagai macam burung sudah menyambut. Kami disambut cukup ramah oleh para penerima tamu di bagian ticketing. Visitor juga mendapatkan Visitor Map dan voucher diskon. Setelah meneliti map dengan seksama, ternyata kami bisa mengeksplor banyak hal disini.

1. Melihat dan Belajar Jenis-Jenis Burung

Beberapa kali saya dibuat takjub, ada burung-burung flaminggo yang bisa meliukkan lehernya berbentuk S dan membuat kakinya seolah-olah patah, ada jenis burung serupa bebek yang didekati tapi tidak takut dengan manusia, bahkan berjalan mengiringi pengunjung. Saat momen yang pas, saya bisa melihat merak putih cantik secara langsung melebarkan bulu-bulu indahnya. Sayapun baru tau ada sepasang hornbil disini, yang memiliki kuning di bawah paruhnya adalah jantan, dan yang putih adalah betina. Belajar banyak dari sini, asalkan tidak malu bertanya, hhe. Tak hanya itu, pertama kali bisa liat jalak Bali dengan jarak yang sangat dekat. Pawang burung disini juga ramah-ramah, bahkan tak segan menjelaskan berbagai hal secara gamblang. Jumlah burung disini kurang lebih 1000 dengan 250 spesies. Tips lainnya, mungkin bisa dipertimbangkan membawa masker, karena dibeberapa tempat bau burung agak menyengat.

 

2. Papua Rainforest Feeding

Feeding memang menjadi salah satu atraksi paling menarik, saat saya berkunjung sepertinya pawang sudah sekalian memberikan makan kepada burung Lory karena tempatnya memang di dalam Papua Rainforest. Pengunjung bisa ikutan memberi makan lohhh. Akhirnya saya pun mendapat kesempatan memberikan makan kepada Burung Lory, walaupun tidak kesampaian memberikan makan kepada burung jenis di Papua Rainforest ini.

Jadwalnya: 09.30 & 12.45

 

3. Lory Feeding

Lorry Feeding

Akhirnya saya bisa mencoba memberi makan burung Lory. Kesalahan saya adalah tidak memakai topi dan tidak mengikat rambut, alhasil ketika saya membawa makanan yang ditaruh di mangkok besi kecil, burung-burung ini berebut disekitar badan saya, bahkan membuat rambut saya kusut. Wkwkwk. Walaupun pas ngasi makan sempat digigit, tapi ga sakit kok.Kata pawang, memang kalo lagi bawa makanan burung-burung disini agak agresif, jadi jangan bawa makanan atau ngasi makan tanpa pawangnya. Selain itu, jangan mencoba mengelus burung Lory, karena ia tipe yang tidak suka dielus, nanti bisa digigit mungkin lebih keras gigitannya dari pada saat ngasi makan.

Jadwal: 09.45, 12.45 & 13.30

 

4. Pelican Feeding

Pelican Feeding Bali Bird Park

Setelah mendapat pengalaman mengesankan, saya tak mau menginggalkan kesempatan lain. Saya pun bergegas ke tempat Pelican Lake yang tidak jauh dari Papua Rainforest. Oiya, Lake ini kan ada banyak sidenya, jadi jangan sampai salah tempat dan ga dapet mengalaman buat ngasi makan Pelikan, sekali lagi jangan malu bertanya, dan perhatikan poster sekitar. Biasanya itu patokan buat tempat feedignnya dimana, tertera jadwal juga kok. Btw, sebelum ngasi makan kita bakalan dikasi sarung tangan warna hitam agak tebal, jadi deket-deket sama pawangnya biar kebagian yaa soalnya terbatas sarungnya. Kenapa harus pake sarung tangan? Sebenarnya untuk mengindari kalo ga sengaja kena paruh pelikan, walaupun jarang terjadi. Pengunjung pun diberi tahu untuk melempar ikan bukan menyodorkan.

Jadwal: 10.00 & 13.15

 

5. Meet The Bird Star on Bali Starling Restaurant

Dalam pertunjukkan ada 4 jenis burung, tetapi yang menjadi star ada 2, Anna (Burung Kakatua Hitam) dan Maria (Burung Enggang). Nah, Maria aktingnya sangat jago, ia bia pura pura mati loo. Kitapun bisa berfoto dengan dua jenis burung ini.

Jadwal: 12.00, 13.30, & 16.30

 

6. The Komodo Experience

Komodo Bali Bird Park

Menurutku ini salah satu bonus. Jika mau menyaksikan pawang masuk ke dalam kandang komodo dan memberi makan 3 ekor kelinci, datanglah di hari Selasa atau Jumat. Komodo ini nampak agak seram, apalagi didekat kandangnya terdapat poster kecil bagaimana komodo mengoyak mangsanya, duhhh. Tapi saat pawang masuk ke kandang, ia bahkan terlihat sangat tenang dengna jarak kira-kira hanya 200 meter dengan komodo sambil menjelaskan ke pengunjung, hebat. Saya yang dari jarak jauh aja udah deg degan.

Jadwal: Tuesday 11.00  & Friday 14.30

 

7. Basic Instinct – Bird of Prey Show

Ini yang ditunggu tunggu, kita akan disuguhi berbagai jenis elang juga burung macaw. Saran saya duduk paling depan sebelah kiri di depan dekat kolam. Karena ada bagian pertunjukkan yang menunjukkan kemampuan elang menangkap mangsanya di kolam. Selain itu juga jaraknya agak dekat dengan tempat bertenggernya burung, jadi bagi yang suka foto-foto tempat ini sangat strategis. Berbagai pertunjukkan ditampilkan sangat mengesankan, bahkan tempat ini juga mengundang volunteer untuk menaruh nampan makanan diatas kepalanya. Jadi jangan sampai melewatkan pertunjukan ini

Jadwal: 11.30 & 15.00

 

8. Bali Rainforest – Free Flight Bird Show

Tempat ini dekat dengan Guyu-Guyu Corner dan Bali Starling Restaurant. Jangan lupa pilih tempat duduk di paling depan dan dekat ranting-ranting kayu besar tanpa daun. Biasanya burung-burung yang dipertunjukkan akan bertengger disana. Pertunjukan ini juga mengundang salah satu pengujung yang didandani dengan pakaian tradisional (sarung poleng dan caping) dan ikut memeriahkan dengan menggiring bebek ke tempat show.

Jadwal: 10.30 & 16.00

 

9. Guyu-Guyu Corner – Hands on Bird

Guyu Guyu Corner Bali Bird Park

Kalau tidak salah ada 9 burung yang bertengger terpisah ditempat ini, 5 diantaranya cukup jinak. Jika ragu-ragu sudah ada pawang yang siap membantu, bahkan tak segan membantu kita untuk berfoto juga. Jangan lupa berfoto di dekat tulisan Bali Bird Park.

Jadwal: 09.00 – 17.00

 

10. 4 Dimension Cinema

Rasanya ga afdol kalau belum menonton film 4D ditempat ini. Filmnya mengisahkan tentang bagaimana burung belajar terbang dan pentingnya kawanan bagi burung tersebut, kurang lebih 15 menit. Penasaran? Makanya jangan lupa ditonton

Jadwal: 10.00, 11.00, 12.00, 12.30, 13.00, 13.30, 14.00, 14.30, 15.30, 16.30, 17.00

 

Nah yang diatas udah sesuai urutan tempat yang aku kunjungi keculi nomor 1 dan 9 karena bisa dikunjungi disela-sela waktu senggang dari pertunjukan satu ke pertunjukan lainnya. Seperti no 9 aku kunjungi pertama kali kesana dan sebelum pertunjukan Bali Rainforest dimulai

Menarik kan? Tunggu apalagi? Yuk segera berkunjung.

 

Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jam buka: 09.00–17.30
Telepon: (0361) 299352

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: